Peran Mursyid di Thariqah dalam Nahdlatul ulama

  


Dalam Tarekat Islam, seorang Mursyid memiliki peran yang sangat penting.

      Mursyid adalah sebutan untuk menyebut guru thariqah . Mursyid berasal bahasa Arab Irsyad ( petunjuk ) , menjadi isim fail Mursyid ( orang yang memberi petunjuk ) . Mursyid menjadi perantara murid thariqah untuk sampai kepada Allah Swt . 

Peran mursyid dalam thariqah adalah sebagai berikut : 


  • Sebagai pelestari sanad 

Mursyid harus memiliki sanad yang muttasil ( bersambung ) kepada Rasulullah Saw . Sanad dalam thariqah berfungsi menjaga akurasi ( ketepatan ) ajaran - ajaran thariqah serta sebagai bukti kebenaran sumber asal - usulnya . 


  • Sebagai tawassul 

Mursyid adalah penghubung ( wasilah ) bagi seorang murid untuk menuju jalan ma'rifat kepada Allah Swt 


  • Sebagai tawajjuh 

Tawajjuh merupakan bentuk pendidikan secara langsung ( bertatap muka ) yang dilakukan secara rutin antara mursyid dan murid . 


  • Sebagai pemberi irsyad ( bimbingan / petunjuk )

Mursyid bertanggung jawab untuk membimbing muridnya yang sedang melakukan suluk , baik secara lahir maupun batin . Bimbingan mursyid kepada murid dapat berupa zikir , kewajiban syariat , dan akhlak .


  • Bimbingan Rohani

Mursyid Berperan membimbing murid-muridnya dalam aspek rohani Serta spiritual kehidupan. Mursyid membantu murid muridnya untuk memahami serta mengamalkan ajaran di dalam thariqah tarekat


  • Penasehat dan Konselor

Seorang Mursyid berperan sebagai penasehat muridnya. Mereka memberikan nasihat dalam menghadapi tantangan kehidupan, konflik batin, dan perjalanan rohani.


  • Pengawasan dan Evaluasi

Mursyid memantau kemajuan spiritual Muridnya. Ini membantu  mengidentifikasi kesalahan yang perlu diperbaiki dalam perjalanan spiritual mereka.


  • Pelajaran Tarekat

Mursyid mengajarkan ajaran tarekat, yang meliputi zikir , meditasi, dan praktik spiritual lainnya. 


  • Pemberian Ijazah

Mursyid memiliki kewenangan  memberikan ijazah serta izin kepada murid yang telah mencapai tingkat tertentu dalam perjalanan spiritual mereka. Ijazah ini untuk tanda pengakuan atas kemajuan komitmen seorang murid.


  • Menjaga Tradisi Tarekat

Mursyid bertanggung jawab untuk menjaga meneruskan dalam tradisi tarekat. Mursyid memastikan bahwa ajaran dan praktik tarekat diwariskan secara tepat kepada generasi berikutnya.


  • Pemberian Inspirasi

Mursyid, melalui keteladanan dan kebijaksanaannya, memberikan inspirasi kepada murid-muridnya untuk mengembangkan kecintaan dan ketakwaan kepada Allah.


Penting untuk diingat peran Mursyid dalam tarekat sangat Banyak, tergantung pada tarekat tertentu dan hubungan individu dengan Mursyid mereka. Hubungan antara Mursyid dan murid adalah hubungan spiritual yang sangat pribadi dan mendalam.

Post a Comment

Previous Post Next Post
close