Macam macam kirim pahala dan doa untuk orang yang sudah meninggal Dunia

 


Orang yang masih hidup memberikan hadiah kepada orang yang masih hidup adalah berupa materi. Namun Tidak demikian dengan orang yang masih hidup kepada orang yang telah meninggal. Orang yang telah meninggal bukan di beri materi tetapi di beri pahala dan doa.



Berikut adalah Cara mengirim pahala dan doa bagi orang yang sudah meninggal 

  • Bersedekah untuk orang yang sudah meninggal

Sungguh di anjurkan bersedekah untuk ( atas nama orang yang sudah meninggal ) orang yang sudah meninggal. Terutama bagi anak anak kandungnya


  • Doa untuk Orang yang sudah meninggal

Para ulama bersepakat bahwa doa dari orang yang masih hidup kepada yang telah meninggal dunia itu bermanfaat dan pahala akan sampai kepadanya.


  • Bacaan Al Quran Untuk orang yang sudah meninggal

Sesungguhnya pahala ibadah secara fisik seperti shalat, membaca Al Qur'an dan lainya, bisa sampai kepada mayit sebagaimana ibadah yang bersifat harta secara ijma



  • Shalat Janaazah

Kalian dapat menghadiri shalat janaazah (shalat mayat) untuk orang yang meninggal. Dengan berpartisipasi dalam shalat ini, Anda mengirimkan doa dan pahala kepada orang yang sudah meninggal.



  • Infaq atau Sedekah

Memberikan sedekah atas nama orang yang sudah meninggal adalah cara lain untuk mengirim pahala kepada mereka. Anda bisa memberikan sumbangan kepada yang membutuhkan dan mohonkan agar pahalanya diterima oleh orang yang telah meninggal.



  • Tindakan Baik

Lakukan tindakan-tindakan baik dan amal kebajikan dalam nama mereka. Misalnya, jika orang yang meninggal suka memberi makan orang miskin, Anda bisa melanjutkan tindakan ini sebagai cara mengirim pahala kepada mereka.


  • Mengadakan Kegiatan Amal

Anda juga dapat mengadakan kegiatan amal seperti pembagian makanan kepada yang membutuhkan, penggalangan dana untuk tujuan amal, atau kegiatan sosial lainnya dalam nama orang yang sudah meninggal.


  • Berkumpul untuk Membaca Surah Yasin

Dalam banyak tradisi Islam, membaca Surah Yasin dalam kelompok adalah cara yang umum dilakukan untuk mengirim pahala kepada orang yang sudah meninggal.




Orang yang memberikan hadiah kepada yang masih hidup dengan hadiah materi adalah hal biasa, Namun, pertanyaan apa yang dapat kita berikan kepada orang yang sudah meninggal? Tentu yang dapat kita berikan bukanlah materi. Lantas apa yang dapat kita berikan sebagai hadiah? Jawabannya adalah doa dan permohonan ampun ( istighfar ) . Inilah yang paling layak untuk di hadiahkan kepada orang orang yang telah meninggal.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post
close