Pengertian Musibah Ujian dan Tawakal Menurut Islam




  A. Musibah 

    Musibah adalah suatu peristiwa atau kejadian yang tidak diinginkan dan seringkali berdampak buruk, seperti bencana alam, kecelakaan, atau kejadian tragis lainnya. 


    Musibah berasal dari bahasa Arab ashaabah, yushiibu, mushiibatan yang berarti segala yang menimpa pada suatu baik berupa kesenangan maupun kesusahan. Namun umumnya dipahami musibah selalu identik dengan kesusahan. Padahal, kesenangan yang di rasakan hakikatnya musibah juga, Dengan musibah Allah SWT. Hendak menguji siapa yang paling baik amalnya 


B. Ujian 

        Dalam konteks Islam, "ujian" atau "cobaan" merujuk pada konsep bahwa Allah menguji manusia sebagai bagian dari rencana-Nya. Ujian ini bisa berupa tantangan, kesulitan, atau penderitaan yang dialami oleh individu dalam kehidupan mereka. Tujuan dari ujian dalam Islam adalah untuk menguji iman, kesabaran, dan ketaatan seseorang kepada Allah. Ujian juga dapat menjadi cara untuk membersihkan dosa-dosa dan kesalahan manusia.

       Ujian dalam bahasa arab disebut Balaa' dalam istilah kehidupan Balaa' dapat diartikan cobaan yang di berikan pada hamba hambanya untuk menguji atau mengetahui kualitas manusia itu sendiri. Orang yang mendapatkan ujian atau cobaan diharapkan bersikap sabar dalam menjalani apa yang sedang menimpa dirinya. 


C. Tawakal 

       Tawakal berasal dari bahasa Arab dengan kata dasarnya wakil yang berarti menyerahkan diri kepada Allah, membiarkan, serta merasa cukup

      Sedangkan menurut Quraish Shihab dalam tafsir Al Misbah, bahwa tawakal adalah berusaha dengan sungguh-sungguh sejauh batas kemampuan manusiawi untuk bisa mewujudkan sesuatu yang diinginkan. Dengan di barengi berserah diri kepada Allah SWT. 

Post a Comment

Previous Post Next Post
close